Wisata Lombok – Ucapan dan Decak kekaguman akan mengalir dan ramai kita dengar ketika kita membahas eksotisme-eksotisme alam Indonesia di bagian timur. Selain Pulau Dewata Bali, salah satu tujuan wisata favorite incaran para wisatawan mancanegara adalah Gili Trawangan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gili Trawangan sebuah Pulau kecil yang masuk dalam kawasan pemerintahan Desa Gili Indah, Kab Lombok Utara ini memiliki berjuta pesona, mulai dari keindahan alam bawah laut dengan karang yang begitu indah hingga penduduknya yang begitu ramah. Jika Anda belum pernah ke sana, berikut alasan langkap tentang Keindahan Wisata Gili Trawangan :

Gili Trawangan adalah sebuah pulau yang terkesan unik untuk para pengunjung, tidak ada aktifitas kendaraan bermotor yang hingar bingar di pulau ini, satu-satunya transportasi umum yang boleh beroperasi di pulau ini adalah kereta kuda / andong yang dalam bahasa Sasak Lombok disebut sebagai Cidomo sehingga anda puas menikmati Wisata Gili Trawangan. Selain transportasi Cidomo, untuk sekedar berkeliling pulau dan menikmati keindahan pesisir pantai sekitar Gili Grawangan anda bisa menyewa sepeda dengan modal Rp. 50.000 per hari dan dipakai sepuasnya. Untuk mengelilingi pulau dengan sepeda santai, anda hanya menghabiskan waktu sekitar 1.5jam. Jangan membayangkan sebuah jalanan yang beraspal di sini, jalanan utama di ruas ruas jalan seluruh pulau masih berupa jalanan tanah dan pasri pantai, walaupun di beberapa ruas jalan utama menuju perhotelan atau restauran sudah dipasangi pengeras sejenis paving block oleh pemilik
Gili Trawangan lebih banyak dikenal sebagai Party Island atau pulau tempat berpesta, mungkin penamaan ini diambil dari begitu banyaknya cafe, bar dan restaurant yang memang beraktifitas sampai larut malam. Sejatinya, Wisata Gili Trawangan tidak hanya sebagai tempat berpesta dan hura hura, banyak sudut sudut lainnya yang menawarkan nuansa yang berbeda atau bahkan bertolak belakang dengan kesan party yang sering kita dengar, keheningan alam, ketenangan dan juga keindahan alam di pesisir pantai maupun panorama bawah lautnya akan anda temui setelah berada ditempat ini. So, definisi Party Island yang sering disebut oleh orang banyak untuk Gili Trawangan sepertinya tidak terlalu tepat.
Gili Trawangan adalah sebuah pulau yang romantis, sebuah tempat yang jauh dari suara mesin kendaraan, sebuah tempat dimana anda bisa menikmati panorama matahari tenggelam atau matahari terbit di pagi harinya. Duduk bersama orang yang disayang di lokasi Sunset View Trawangan pada sore harinya banyak dilakukan oleh para wisatawan dengan kepuasan tersendiri karena pemandangan dan nuansa nya yang memang fantastik. Pulau kecil ini adalah tempat yang cocok untuk anda melarikan diri sejenak dari rutinitas dan penat sehari hari dari semrawutnya kota besar, macetnya jalanan dan bisingnya pabrik-pabrik di ibukota. Sekedar duduk di pinggir pantai sampai larut malam ditemani secangkir kopi hangat atau minuman lain, sambil membaca buku atau sambil menyaksikan pemutaran film film keren di layar besar yang dipersiapkan oleh cafe cafe pinggir pantainya, sebuah tempat yang sangat pas untuk berlibur dan doing nothings.
Aktifitas Wisata Gili Trawangan lain yang bisa anda lakukan di Gili T selain bersantai adalah bersnorkeling dan diving, atau menikmati keindahan bawah laut Gili Trawangan dengan glass bottom boat. Beberapa aktifitas tersebut tentunya menjadi aktifitas primadona para wisatawan disini. Dengan mudah anda akan menemukan tempat tempat penyewaan alat snorkeling dengan harga yang terjangkau dengan budget liburan anda, sedangkan untuk diving, Gili Trawangan merupakan surga-nya para divers. Pulau indah ini hampir dipenuhi oleh penyedia usaha diving dan pelatihan menyelam dengan sertifikasi internasional ataupun just for fun. Beberapa penyedia aktifitas diving yang ternama di pulau ini antaranya adalah Manta Dive, Blue Marlin dan Lutawala Dive. Pesona bawah laut pantai di sekitarnya dengan ribuan variasi ikan-ikannya merupakan spot terbaik yang ada di pulau Lombok.
Gili Trawangan terkenal dengan kenyamanan dan keamanannya, walaupun tanpa polisi, sistem keamanan di pulau kecil ini dikelola secara profesional oleh warga setempat. Jika ditemukan seseorang melakukan kejahatan, pencurian, atau aktifitas nyata lain yang menggangu secara langsung kenyamanan pengunjung, maka satgas atau petugas keamanan setempat akan menindak tegas dan memproses pelaku ke kantor Polisi terdekat di Bangsal dan memasukkan nama pelaku ke daftar Blacklist, sebuah daftar yang melarang orang terkait untuk menginjakkan kakinya lagi di Gili Trawangan sampai jangka waktu 5 tahun ke depan.